10+ Hikmah Puasa yang Jarang Diketahui

Sebelum kita bahas mengenai hikmah puasa mauapun manfaat puasa sebaiknya kita membahas arti puasa itu sendiri.

Puasa memiliki arti menahan. Pada saat berpuasa kita perlu bisa menahan lapar, haus, dan juga hawa nafsu. Pada surat Al Baqarah ayat 183 Allah berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

10+ Hikmah Puasa yang Jarang Diketahui

Hikmah Hikmah Puasa

Berpuasa pun ternyata memiliki banyak manfaat, tidak hanya dalam keimanan diri saja, namun juga dalam kesehatan tubuh kita. Di bawah ini 10 + hikmah yang bisa kamu dapatkan dengan berpuasa!

1. Melatih pribadi menjadi lebih tabah dan sabar

Pada saat kita melaksanakan ibadah puasa tidak hanya menahan rasa lapar dan haus saja. Namun dengan kita melaksanakan ibadah puasa maka kita bisa melatih pribadi untuk terbiasa menahan amarah, serta tidak berburuk sangka terhadap orang lain.

Selain juga kita bisa terbiasa dalam bersabar ketika menghadapi suatu hal, tidak mudah terpancing omongan – omongan orang lain tentang diri kita. Jadi, dengan demikian kita dapat menjadi pribadi yang lebih sabar dan tabah, tidak hanya ketika puasa saja, tapi setiap saat.

2. Tercapainya derajat ketaqwaan seseorang

Dengan melaksanakan ibadah puasa, maka orang tersebut sudah melakukan kebaikan – kebaikan seperti yang Allah perintahkan dan menjauhi seluruh larangan Allah. Maka dari itulah, dengan kita melaksanakan ibadah puasa kita bisa menjadi pribadi yang lebih bertaqwa kepada Allah.

Kita sebagai seorang muslim yang melaksanakan ibadah puasa pun akan merasa sebab diawasi selalu oleh Allah, semangat dalam menjalankan hal – hal yang diperintahkan oleh Allah dan mampu lebih mendekatkan diri kepada Allah. Oleh karenanya, hikmah puasa yakni mampu menjadikan pribadi lebih bertaqwa kepada Allah.

3. Hikmah puasa agar lebih disiplin

Pribadi yang melaksanakan ibadah puasa, hidupnya dapat lebih teratur. Misalnya kita yang tak biasa untuk bangun pagi, dengan melaksanakan puasa maka kita bisa lebih teratur dalam bangun pagi guna melakukan sahur. Dan untuk yang pola makannya tidak teratur, dengan melaksanakan puasa, pola makan pun bisa lebih teratur yakni ketika sahur dan berbuka puasa. Dengan pribadi yang terbiasa bangun pagi, maka pada saat-saat sesudah itu kehidupannya akan teratur dan yang pasti tidak malas untuk bangun pagi.

4. Melatih seseorang untuk lebih bersyukur

Pada saat kita melaksanakan ibadah puasa, kita cuma makan dua kali sehari pada waktu berbuka puasa dan saat sahur. Dengan demikian, maka kita dapat lebih bersyukur atas apa yang sudah kita makan ketika kita tidak berpuasa. Oleh karena itu, rasa syukur tersebut bisa muncul di dalam diri seseorang, serta hikmat dari puasa pun dapat diperoleh.

5. Menjadikan seseorang lebih peduli sesama

Sesama muslim adalah saudara. Dan ikatan tersebut ketika puasa sangat terjalin dengan erat. Hal semacam itu dapat kita lihat melalui beberapa contoh, yakni beberapa misalnya dengan memberikan makan tajil pada saat berbuka dengan hanya cuma – cuma (berbuka puasa secara gratis), Shalat berjama’ah rutin, saling diskusi pengetahuan tentang agama. Rutinitas tersebut dapat terjalin dan akan terbiasa pada saat sedang tidak berpuasa.

6. Hikmah puasa mempererat tali silaturahmi

Dengan kita melaksanakan ibadah puasa, dan pada saat malam melakukan shalat tarawih berjama’ah serta mengaji di masjid.

Maka melalui adanya aktivitas semacam itu setiap hari mampu menjadikan kita untuk setiap hari bertemu dengan sesama muslim, jadi yang pada mulanya tidak pernah bertemu dapat bertemu, yang biasanya tidak akrab menjadi akrab. Serta rutinitas tersebut dapat berlanjut pada bulan – bulan di luar bulan ramadhan.

7. Segala sesuatu yang dilakukan merupakan ibadah

Segala hal atau perbuatan baik dinilai sebagai ibadah. Terlebih lagi pada bulan puasa, bulan dimana pahala akan dilipat gandakan.

Dan dengan membiasakan diri pada bulan ramadhan untuk senantiasa berbuat baik, maka kita bisa mempunyai kebiasaan pada hari – hari di luar bulan puasa.

8. Membiasakan diri berhati – hati dalam berbuat

Dengan melaksanakan ibadah puasa, maka kita mampu menghindari hal – hal yang dapat mengurangi pahaladari  puasa kita yaitu dengan cara menjaga lisan, perbuatan dan hati.

Maka dari itu, seusai kita membiasakan diri dalam berbuat kebaikan pada waktu puasa, kita bisa terbiasa dan akan terus berhati – hati pada saat melakukan sesuatu. Sebab ingat jika Allah swt mengetahui segalanya yang akan dan telah kita perbuat.

9. Hikmah puasa melatih diri hidup sederhana

Pada saat kita makan di waktu berbuka, pastinya kita bisa merasakan begitu enaknya berbuka puasa tersebut walaupun berbuka dengan air putih dan sesuap nasi saja.

Dengan kita merasakan hal tersebut, pastinya kita bisa menyadari dan kita bisa semakin menghargai makanan, mampu melatih diri untuk lebih sederhana dalam menjalani hidup.

Karena sejatinya Allah swt tidak menyukai sesuatu yang terlalu berlebihan. Dan juga lebih menyukai sesuatu yang sederhana, maka sebaiknya jangan berbuka puasa dengan makan yang terlalu berlebihan.

10. Hikmah puasa menunjukkan keseimbangan hidup

Berpuasa, adalah bentuk ibadah dari seorang hamba kepada Allah swt. Dan juga sejatinya Ibadah adalah kewajiban untuk kita sebagai manusia serta hamba Allah swt. Dengan kita melaksanakan puasa, maka kita telah melakukan kewajiban guna bekal nanti di akhirat.

Juga keseimbangan dalam hidup kita yakni kebutuhan dunia dan akhirat, dengan kata lain melalui ibadah puasa kita telah melakukan kebutuhan akhirat dan untuk sementara meninggalkan kebutuhan dunia.

Sebab kebutuhan dunia jika diikuti akan tidak ada berujung atau dengan kata lain kepuasan diri manusia tidak mempunyai ujung. Namun yang perlu diingat kepentingan dunia dan akhirat mesti seimbang, sehingga hikmah puasa bisa dirasakan secara sepenuhnya.

11. Setiap ibadah, memiliki tujuan

Seluruh hal yang kita lakukan, pasti memiliki tujuan dan maksud. Begitu pula dengan ibadah puasa, kita melaksanakan ibadah puasa yang bertujuan guna melatih diri supaya tidak melakukan perbuatan – perbuatan yang telah dilarang oleh Allah swt. serta melatih diri dalam bertaqwa kepada Allah swt.

12. Hikmah puasa menjadikan seseorang yang lebih baik

Ketika melaksanakan ibadah puasa, kita mesti menghindar dari perbuatan – perbuatan yang dapat mengurangi pahala dari puasa. Siapa yang ingin pahala puasanya berkurang atau bahkan hanya mendapat rasa lapar dan haus.

Pasti tidak mau bukan? Makanya, kita perlu untuk mengontrol emosi, serta perbuatan – perbutan yang buruk. Dan mestinya, meskipun kita telah selesai berpuasa, akan lebih baik apabila kebaikan – kebaikan yang dilakukan pada saat puasa tetap berlanjut. Dan kita mampu berubah menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

13. Hikmah puasa untuk kesehatan

Tak hanya secara syar’i, puasa pun memiliki hikmah pada bidang kesehatan. Hikmah atau manfaat yang dapat diperoleh pada bidang kesehatan yakni dapat menyembuhkan penyakit dengan puasa seperti mampu mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar diabetes, mengurangi berat badan, mengurangi resiko struk, dan juga menjadi obat maag.

Kesimpulan

Demikian artikel kami mengenai 10+ Hikmah Puasa. Puasa merupakan ibadah yang serbaguna, selain dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt, puasa juga bermanfaat untuk kehidupan, bahkan dalam segala lini, mulai dari pola hidup sampai kesehatan. Sekian dari kami dan semoga bermanfaat.

5 / 5. 368

× Klik di sini untuk pemesanan